West Java Tourism

Menjadi Seorang Pemuda
Penuh Cinta akan Budaya

Indonesiaku


Kebun raya cibodas


Indonesia beruntung dianugerahi alam hijau permai. Salah satu tempat yang mewakilinya adalah Kebun Raya Cibodas di Bogor, Jawa Barat. Berlokasi di Kompleks Hutan Gunung Gede Pangrango, Desa Cimacan, Pacet, Cianjur, tempat ini tidak hanya berfungsi sebagai konservasi tumbuhan tetapi juga menjadi tujuan wisata. Kebun Raya Cibodas menyimpan koleksi tumbuhan dataran tinggi basah tropika, seperti pohon tusam, tumbuhan runjung, dan tumbuhan paku pegunungan. Tempat ini secara langsung berfungsi sebagai tempat pendidikan dan penelitian.

Sungai Citumang


Jauh di pedalaman Cijulang, Pangandaran Sungai Citumang mengalir di sebuah hutan hijau lebat yang airnya berwarna kebiruan. Sungai ini dihiasi oleh bebatuan indah, cabang-cabang pohon dan semak-semak. Airnya mengalir ke sebuah gua yang menakjubkan. Di sini, ketenangan akan menyapa Anda. Satu-satunya suara yang Anda dengar adalah suara harmoni alam yang manis, musik yang diciptakan oleh gemericik air dan bisikan angin yang berjalan melalui pepohonan, disertai suara hewan yang bersembunyi malu. Sungai yang tenang ini terletak di Desa Bojong, kabupaten Ciamis, sekitar 15 km sebelah barat Pangandaran. Nama Citumang, berasal dari penduduk setempat yang percaya bahwa ada buaya yang kakinya patah tinggal di sungai ini. Nama buaya tersebut "Si Tumang", maka sungai ini diberi nama Citumang.

Pangandaran


Pangandaran adalah salah satu destinasi wisata di Jawa Barat yang paling menarik perhatian wisatawan domestik dan mancanegara. Terletak di semenanjung pantai selatan Jawa Barat sekitar 91 km dari Ciamis, Pangandaran menawarkan pasir pantai hitam dan putih, ombak yang tenang dan pemandangan matahari terbenam yang spektakuler. Resor ini menghadap ke Samudera Hindia, berjarak 223 Km dari Bandung dan 400 km dari Jakarta, dan terletak di pertengahan antara Bandung dan Yogyakarta. Semenanjung cantik ini dulu hanya dikenal sebagai kota nelayan kecil, dimana nelayan pergi di pagi hari dan kembali pada sore hari dengan membawa ikan.